• Rabu, 04 April 2018

      4 Langkah Membuat Rumah Menjadi Lebih Sejuk dan Nyaman

      4 Langkah Membuat Rumah Menjadi Lebih Sejuk dan Nyaman

      Siapa yang tak menginginkan sebuah hunian yang sejuk dan nyaman? Sepertinya semua orang juga mengharapkan hal tersebut, kan? Namun, karena berbagai kesalahan saat membuat rumah, bukannya menjadi rumah yang sejuk dan nyaman untuk ditinggali, malah menjadi sebaliknya.

      Untuk mengatasi hal ini, Anda harus pintar memutar otak. Manfaatkanlah berbagai hal di sekitar Anda untuk membuat suasana rumah menjadi menyenangkan dan menyejukkan. Memasang AC memang bisa jadi pilihan yang tepat. Namun, sebenarnya ada cara lain yang bisa Anda terapkan untuk menjadikan sebuah rumah lebih sejuk dan nyaman untuk ditinggali.

      1. Pelajari Konteks Site dari Rumah Anda
      Sebelum menciptakan suasana yang sejuk dan nyaman untuk rumah Anda, ada baiknya Anda mempelajari dulu konteks site dari rumah yang Anda miliki. Konteks ini meliputi iklim, sinar matahari, angin, lanskap, sungai dan segala hal lainnya di sekitar tempat tinggal Anda berdiri. Dengan memperhatikan hal ini, Anda bisa menerka apa yang bisa dilakukan selanjutnya.

      Misalnya saja rumah Anda menghadap ke arah barat. Pada sore hari, pastinya rumah Anda akan terasa sangat panas karena sinar matahari yang menerpa langsung, kan? Untuk itu, Anda bisa berpikir hal apa yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan potensi site dalam menyusun ulang ruang rumah Anda setelah mengenali masalahnya.

      2. Siasati Masalah
      Setelah Anda mengetahui masalah apa yang ada di rumah Anda dan membuatnya menjadi tak nyaman dan panas untuk dihuni, selanjutnya siasatilah udara panas tersebut. Gunakanlah material yang bisa Anda dapat di sekitar rumah, kecuali bila Anda tak bisa menemukannya, barulah membeli. Misalnya saja bisa dengan menambah jendela atau pengudaraan alami.

      Ini bisa terjadi bilamana salah satu ruangan di rumah Anda termasuk dalam area jepit. Area jepit adalah suatu kondisi di mana ruangan tidak memiliki jendela atau udara alami. Jendela tambahan atau ventilasi tambahan sangat diperlukan di sini. Untuk rumah yang panas karena menghadap ke barat, Anda bisa menyiasatinya dengan membeli tirai penghalang panas.

      3. Maksimalkan Ventilasi Silang
      Bila kualitas udara di rumah Anda adalah salah satu penyebab ruang rumah menjadi gerah dan tak nyaman untuk ditempati, maka sebaiknya maksimalkanlah potensi ventilasi silang yang Ana miliki. Caranya, berikanlah shading pada jendela-jendela kaca agar kaca tidak panas dan suhu ruangan tetap teduh.

      Hal ini akan menghemat pengeluaran dana Anda untuk membayar penggunaan energi. Salah satunya bila Anda menggunakan AC. Penggunakan shading pada jendela-jendela ini akan membuat kinerja mesin AC atau lainnya menjadi lebih ringan.

      4. Gunakan Insulasi Panas pada Bidang Atap
      Insulasi panas di atap juga bisa jadi pilihan yang tepat bila Anda ingin mengurangi panas dan gerah di dalam ruang rumah Anda. Lapisan insulasi panas ini terdiri dari lapisan aluminium foil dengan gelembung udara yang diletakkan tepat di bawah atap genteng. Dengan begitu, panas yang langsung menimpa genteng rumah tidak akan langsung masuk ke rumah.

      Panas tersebut akan menelusup di antara sela-sela genteng karena dipantulkan oleh lapisan insulasi panas tersebut. Bila Anda bisa melakukannya di seluruh ruang rumah, maka akan sangat membantu menurunkan suhu ruangan rumah Anda.


      Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman untuk ditinggali. Rumah yang panas dan gerah adalah salah satu faktor yang membuat penghuninya tak betah. Sebaiknya, saat membangun rumah, pilihlah bahan yang baik sehingga rumah jadi lebih sejuk.

      0 komentar:

      Posting Komentar